Pantai Suluban

Rabu, 03 Desember 2014


Pantai di Bali memang menyuguhkan pesona yang menarik bagi para wisatawan yang datang. Ada sejumlah pantai yang mungkin jarang di dengar namun memiliki keindahan dan daya tarik yang berbeda dari pantai yang lainnya. Salah satunya adalah pantai Suluban, yang terletak di Desa Pecatu ujung selatan Kabupaten Badung, tiga kilometer dari kawasan Uluwatu.
Pantai Suluban dikenal juga dengan nama Blue Point Beach berada di kawasan perbukitan batu karang dan merupakan salah satu obyek wisata yang memiliki panorama yang indah dan eksoktik dengan ombaknya yang besar baik untuk berselancar dan rekreasi. Obyek ini telah banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, maupun wisatawan nusantara. Keindahan panorama dan menyatunya suasana pemandangan bukit-bukit ujung selatan Bali dan deburan ombaknya serta jauh dari kebisingan membuat suasana obyek ini menjadi tentram, dengan suasana alam yang damai dan menyejukkan perasaan.
Pantai ini dinamakan Suluban, dalam bahasa Bali masulub mempunyai arti berjalan atau lewat dibawah sesuatu sedangkan sesuatu di atas kepala itu dinamakan pasuluban. Jadi kenapa disebut Pantai Sulubun karena bila hendak kepantai ini harus terlebih dahulu melewati tebing batu karang yang menyerupai goa atau terowongan sebelum akhirnya sampai di pantai yang luas, berpasir putih dengan gemuruh gelombangnya menyenangkan.


Tips


Jangan lupa menggunakan sunblock atau topi sebagai pelindung dari sengatan Matahari. Bawa juga pakaian ganti, karena berenang di pantai yang jernih atau pun berjemur di atas tebing-tebing yang menghadap samudera tentu tidak boleh dilewatkan.Jagalah kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bukan hal memberatkan apabila Anda menyimpan dahulu sampah yang dibawa untuk kemudian membuangnya di keranjang sampah. Apabila ingin berselancar, Anda perlu berenang terlebih dahulu ke tengah pantai. Berhati-hatilah karena ada ubur-ubur yang menyengat di kawasan lepas pantai. Panorama alam berupa perpaduan batuan karang dan hamparan laut biru kehijauan yang jernih di hadapan mata adalah suatu pemandangan yang spektakuler. Pastikan kamera Anda siap mengabadikan momen dan keindahan alam di Pantai Suluban. 

Kegiatan


Pantai cantik Suluban yang terletak antara Pantai Padang-padang dan Pura Uluwatu ini adalah suguhan lain dari wisata bahari di Bali yang sudah tenar hingga ke mancanegara. Tebing-tebing tinggi yang dilengkapi fasilitas penunjang bagi wisatawan berupa gazebo adalah tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang sungguh cantik dan memesona. Gazebo ini terletak di ketinggian sekira 20 meter dari garis pantai.  Dari gazebo, dapat dengan jelas terlihat atraksi para peselancar di lepas pantai. Ia juga merupakan tempat yang sering dijadikan spot pengambilan foto oleh fotografer dengan objek para peselancar atau pun kecantikan pantai yang tersembunyi di balik tebing dan batu karang ini.

Arahkan pandangan Anda dari atas tebing atau di gazebo untuk melihat langsung pemandangan ke hamparan laut berwarna biru turquoise dengan batuan karang yang tersebar di sekitar pantai. Ini nampak sangat memikat. Oleh karenanya, selain tempat bersantai, gazebo ini juga ideal sebagai lokasi pengambilan gambar pre-wedding atau sekadar untuk foto kenang-kenangan.

Bagi Anda yang tak puas dengan hanya duduk-duduk menikmati pemandangan dari atas tebing, tentu saja Anda harus turun ke pantai. Untuk turun ke pantai, jalan yang akan Anda lalui adalah serupa tantangan kecil sebelum menyentuh keindahan pantai. Terdapat banyak tangga yang harus Anda titi, bahkan beberapa anak tangga seolah terselip di antara batuan karang raksasa di kiri-kanannya. Gang-gang kecil di antara batuan karang bahkan lorong-lorong serupa gua harus pula dilalui sebelum kaki Anda dapat menjejak pasir yang putih dan lunak. 

Apabila Anda gemar berselancar, tentu menarik untuk menjajal liuk ombak Pantai Suluban yang telah mengundang banyak wisatawan asing untuk datang. Hanya saja, mengingat banyaknya karang di dekat bibir pantai, peselancar harus berenang agak ke tengah untuk mendapatkan ombak yang besar dan menantang. Kebanyakan wisatawan yang datang adalah wisatawan asing yang ingin berselancar dan menantang ombak besar di Pantai Suluban.


Kuliner

Menikmati sajian makanan dan minuman khas Bali sambil menikmati pemandangan alam yang spektakuler dan cantik tentu sangat menyenangkan sebagai kegiatan liburan atau relaksasi. Terlebih lagi di Pantai Suluban tersedia banyak sekali restoran, kios, dan café yang memang menyuguhkan makanan dan pemandangan indah pantai yang dikepung tebing dan batuan karang dalam satu paket sekaligus.

Transportasi

Berada di Desa Pecatu yang terletak di ujung selatan Kabupaten Badung, perjalanan menuju Pantai Sulubah dapat ditempuh sekira 1 jam perjalanan dari Denpasar. Jarak pantai Suluban dari kota Denpasar adalah 32 kilometer ke arah selatan melalui kawasan wisata Kuta, Bandara Ngurah Rai Tuban, dan Desa Jimbaran. Anda dapat menyewa mobil, motor, atau menggunakan jasa agen wisata dari bandara untuk sampai ke pantai ini. Biasanya, ada paket-paket wisata mengunjungi kawasan Bali Selatan yang terkenal memiliki pantai-pantai yang dikelilingi tebing karang atau bukit-bukit.

Pantai Suluban juga hanya berjarak sekira 3 kilometer dari Pura Uluwatu. Saat Anda keluar gerbang pura, Anda hanya perlu mengambil jalur belok kiri dan terus ikuti jalan sampai Anda menemukan area parkir khusus Pantai Suluban.

By: http://www.indonesia.travel/id/destination/793/pantai-suluban

0 komentar:

Posting Komentar